Green Urban Tour Bekasi (GREAT) Bekasi

Kota Bekasi adalah salah satu kota di provinsi jawa barat, yang menjadi bagian dari daerah megapolitan Jakarta. Kota dengan luas 210,49 km², yang berpenduduk sekitar 2,2 juta jiwa menjadi salah satu daerah urban yang terus berkembang dalam berbagai aspek, terutama dalam hal ekonomi dan pembangunan. Beberapa tahun terakhir pembangunan perumahan dan pemukiman di Bekasi sangatlah pesat, hal tersebut didorong oleh faktor bertambahnya jumlah pendatang ke kota Bekasi. Pembangunan gedung-gedung dan pertokoan juga semakin menjamur. Hal tersebut memberikan dampak pada keadaan lingkungan kota Bekasi. Menurut data BPS pertumbuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota bekasi lajunya sangat lamban hanya 0,048 persen, bahkan dalam kurun waktu belakangan cenderung menurun. Bila mengacu pada UU nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, seharusnya pemerintah menyediakan 30% RTH dari total luas sekitar 210,5 kilometer persegi. Sedangkan saat ini total RTH Bekasi hanya 14% (BPS 2017), tentu masih jauh dari standar minimal 30% sebagaimana acuan standar yang ditetapkan.

Minimnya RTH tentu berpengaruh pada kehidupan masyarakat Kota Bekasi yang mayoritas adalah pekerja produktif di daerah Jabodetabek yang rentan dengan stress. Untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang seimbang, masyarakat membutuhkan ruang terbuka hijau dan public space yang mudah diakses. Berangkat dari kondisi tersebut maka sudah semestinya pemerintah bersama masyarakat turut serta dalam upaya meningkatkan RTH kota Bekasi dan menyediakan ruang hijau serta public space yang mudah diakses masyarakat.

Gambar.01(Ruang Hijau di Sekolah Alam Bekasi)

Menyadari kondisi tersebut Team Sekolah Menengah (SM) Sekolah Alam Bekasi menginisiasi Project Green Urban Tour (GREAT) Bekasi di tahun ajaran 2017/2018. Team SM Sekolah Alam Bekasi yang terdiri dari siswa dan fasilitator melakukan serangkaian kegiatan GREAT Bekasi. Diawali dengan kegiatan Explore Bekasi I dengan mengunjungi taman lalu lintas di alun-alun kota Bekasi, Masjid Agung Al-Barkah, PMI kota Bekasi, ke Dinas Lingkungan dan Pariwisata di kantor wali kota Bekasi kemudian ke Curug Parigi di daerah Bantar Gedang. Pada kegiatan ini siswa diajak untuk mengamati kondisi lingkungan di pusat Kota Bekasi dan mengakses public space.  Pada semester genap Team kembali menelusuri ruang hijau dan public space Kota Bekasi dengan melakukan Explore Bekasi 2. Team mengunjungi Sekolah Alam Insan mulia yang berada di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, kemudian ke Bank Sampah Surya Sejahtera di Jaka Mulia, yang menarik kami merencanakan kunjungan ke salah satu ruang hijau Bekasi, namun saat ditelusuri ruang hijau tersebut telah beralih fungsi menjadi perumahan.

Gambar.02 (Explore Bekasi 1)

Project GREAT Bekasi juga dikorelasikan dengan subject (mata pelajaran) yang dibahas dalam proses pembelajaran. Pada subject Social siswa mempelajari peta kota Bekasi dan menganalisis letak-letak ruang hijau dan public space dari hasil explore bekasi 1 dan 2. Salah satu output dari project GREAT Bekasi SM Alam Bekasi adalah Peta Green Urban Tour Bekasi sebagai berikut:

Gambar.03 (Peta GREAT Bekasi)

            Selain tempat-tempat yang kami telusuri di explore Bekasi 1 dan 2, peta GREAT Bekasi diatas juga berisi tempat-tempat lain di Kota Bekasi. Melalui Peta GREAT Bekasi ini diharapkan masyarakat Bekasi dapat mengetahui ruang-ruang terbuka (public space) dan ruang hijau di Kota Bekasi dan dapat mengaksesnya dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *