Manfaat Berkebun di Green Lab Bagi Anak

Salah satu yang khas dari Sekolah Alam adalah menyediaan pembelajaran tanam menanam yang dilakukan di Green Lab. Dengan baju ayah dan sepatu boot, anak akan terjun langsung ke bedengan untuk berkebun. Nah, menarik ni untuk kita tahu sebenarnya ada manfaat apa si di kegiatan berkebun, kenapa sampai sekolah alam menyediakan Green Lab khusus bagi anak, berikut penjelasannya:

1.Mengenalkan anak pada aneka jenis tanaman.
Dengan kegiatan berkebun di greenlab, anak dapat lebih mengenal jenis tanaman sayur atau buah. Biasanya fasilitator juga akan memberitahukan manfaat dan kegunaan dari setiap tanaman yang ditanam anak-anak.

2.Menumbuhkan cinta anak terhadap alam.
Berkebun akan mengasah rasa kecintaan anak terhadap alam, karena anak dilibatkan langsung untuk menanam dan merawatnya. Kesadaran untuk menjaga alam akan semakin melekat pada diri anak seiring kecintannya untuk berkebun.

3.Mengajarkan proses tumbuh dan berkembang.
Di Green Lab anak dilibatkan dalam Dari memilih bibit, mengolah tanah dan menanam, merawat sampai menanen. Anak akan menyaksikan secara langsug pertumbuhan dan berbagai perubahan yang terjadi dari bibit yang mereka tanam.

4. Anak bisa bergerak lebih aktif.
Kegiatan berkebun sangat efektif untuk mengajak anak bergerak aktif. Fasilitator akan mengarahkan anak untuk menyiram, membersihkan rerumputan dan mengolah tanah.

5. Menyehatkan Mental.
Tim Lang.PhD, seorang professor kebijakan pangan City University London mengatakan melakukan kontak langsung dengan tanaman, hewan dan lingkungan alam dapat meningkatkan kesehatan fisik dan kesehatan mental bagi seseorang. Itu sebabnya, baik untuk anak ataupun orang dewasa berkebun dapat menjadi alternatif untuk menangani kesehatan fisik dan mental yang mereka alami. Selain itu proses berkebun juga akan meningkatkan kesabaran anak.

6. Mengajarkan anak tanggungjawab.
Proses menyemai, menyiram, memupuk hingga memanen akan menghadirkan rasa tanggungjawab anak, karena konsekuensi dari apa yang dilakukan anak akan terlihat dari hasil tanam anak. Jika, tanaman subur karena anak rajin untuk menyiram dan merawat tanaman yang mereka tanam.

7. Memberikan anak makna hidup.
Bersentuhan langsung dengan tanah, tanaman, pupuk dan alam akan menawarkan pembelajaran berharga bagi anak. Melalui proses pertumbuhan tanaman kita dapat mengarahkan anak untuk mengamati kekuasaan-kekuasaan Allah dan memberikan makna-makna kehidupan lainnya seperti bersyukur.

Oleh : Abie Aisyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *