Tips Mempersiapkan anak masuk Sekolah Kembali Setelah Libur

Pekan depan waktunya anak-anak masuk sekolah kembali ya ayah bunda, sudah bersiap untuk menyertai anak-anak belajar?. Berikut ini, tips agar anak-anak semangat masuk sekolah setelah libur panjang:

1. Berbincang tentang Sekolah
Membangun semangat anak bisa dimulai dengan perbincangan ringan tentang sekolah.

Ayah dan Bunda bisa berbincang tentang pengalaman anak di sekolah di tahun ajaran sebelumnya, atau berbincang tentang goals yang ingin anak-anak harapkan di kelas baru.

2. Libatkan anak untuk menyiapkan peralatan Sekolah

Di tahun ajaran baru biasanya anak-anak sangat antusias untuk mencoba hal-hal baru dan punya sesuatu yang baru. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan semangat anak bisa dengan melibatkan anak untuk menyiapkan peralatan sekolahnya, seperti buku baru atau tas baru.

3. Memberikan tantangan-tantangan Baru bagi Anak

Secara alamai kebanyakan anak sangat suka dengan hal baru dan tantangan baru. Nah, di grade yang lebih tinggi tahun ini ayah bunda bisa memberikan kepercayaan bagi anak-anak, yaitu dengan memberikan tantangan-tantangan baru yang mendukung proses pendidikan anak. Misal, jika biasanya anak selalu diantar tahun ini anak-anak diberi kepercayaan untuk berangkat sendiri dengan kendaraan umum atau bersepeda (untuk jarak dekat)

4. Atur Aktivitas Harian
Liburan kerap membuat berbagai aktivitas anak kurang teratur. Terutama waktu tidur dan belajar. Di awal tahun ajaran baru ayah dan bunda bisa berdiskusi dengan anak untuk menyepakati jadwal aktivitas harian saat anak kembali ke sekolah.

5. Hadiri Sesi Orientasi Orang Tua di Sekolah

Komunikasi dengan pihak sekolah menjadi salah satu kunci keberhasilan pendidikan anak. Ayah dan bunda perlu proaktif dan terlibat dalam acara orientasi orang tua yang diadakan pihak sekolah dan lebih intensif untuk menanyakan progress belajar anak di sekolah. Harapan-harapan bagi anak bisa ayah bunda sampaikan ke guru kelas agar proses pendidikan di rumah dan di sekolah sejalan.

Mari, ayah bunda bersama-sama untuk menjadikan anak generasi pembelajar. Dengan perasaan senang datang ke sekolah dan pulang sekolah.

Oleh : Abie Aisyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *