Sejarah Singkat Sekolah Alam Bekasi

Sekolah Alam Bekasi (SAsi) adalah sekolah yang didirikan oleh Yayasan Cinta Alam, suatu Yayasan yang dibentuk berdasarkan Akta Notaris Adlia Ghanie tanggal 20 Oktober 2008 No.12. Pendiri Yayasan adalah Keluarga Drs. Djoko Darmono dan Siti Nurweni Darmono,SH. Dengan jumlah siswa seluruhnya 241 anak, fasilitator 33 orang, staf 18 orang dan shadow teacher 10 orang.  Mengapa dipilih model “Sekolah Alam“, ini adalah suatu gagasan dari pendiri Yayasan, berangkat dari keprihatinannya melihat kondisi tanah air Indonesia, negeri yang begitu indah dan cantik tetapi tidak terawat dan dalam kondisi yang semakin rusak.

Sebagai warga negara yang mencintai negerinya, terpanggil untuk berbuat sesuatu, dan sesuatu itu diwujudkan melalui jalur pendidikan. Dengan pendidikan yang baik, yang mencakup apa yang selama ini dirasa kurang diperoleh di sekolah konvensional, diharapkan generasi penerus anak bangsa akan melangkah maju menuju Indonesia yang lebih baik.

Bagai gayung bersambut, kepedulian keluarga Bapak Djoko Darmono dan Ibu Siti Nurweni Darmono terhadap pendidikan pun mendapat respon positif setelah pertemuannya dengan Ir. Lendo Novo selaku penggagas Sekolah Alam. Visi dan Misi yang sejalan antara dua belah pihak menjadi tonggak berdirinya SEKOLAH ALAM BEKASI pada tanggal 1 Januari 2009 di area tanah milik sendiri seluar 8100 M2 dan beralamat di Jl. Raya Hankam No.99 RT003/006, Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi 17432.

Mengingat pendidikan dasar merupakan awal pembentukan kepribadian anak, dan kepada merekalah harapan negeri ini disandarkan, maka SAsi memulai dari jalur pendidikan dasar (PG B, TK A dan SD 1) untuk tahun ajaran 2009/2010 dengan 17 siswa, 1 kepala sekolah, 3 guru, 1 tata usaha, 1 asisten fasilitator, 2 petugas keamanan dan 2 petugas kebersihan. Tidak tertutup kemungkinan suatu ketika akan sampai juga ke jalur pendidikan menengah (SM).

Ijin Operasional Taman Kanak – kanak telah dikeluarkan berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi tanggal 3 Maret 2009 No. 421/1236-Dik 3 dan Ijin Operasional Sekolah Dasar telah dikeluarkan  berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi tanggal 19 Oktober 2009 No. 421/4029-Dikdas/X/2009.

SAsi adalah sekolah formal yang menggunakan kurikulum sekolah alam sebagai kurikulum utama dan di padukan dengan kurikulum diknas dalam proses pembelajaran siswanya. SAsi mengutamakan akhlak dalam pembelajaran kesehariannya dan fokus kepada pembentukan akhlak dan karakter siswa, siswa berakidah yang lurus, berlogika ilmiah, cinta lingkungan, kepemimpinan dan kewirausahaan.

Pembelajaran yang dilaksanakan di SAsi sangat khas jika dibandingkan dengan sekolah formal lainnya, pembelajaran yang berbasis tematik sesuai dengan usia dan capaian kurikulum diknas. Pembelajaran tematik tersebut didukung oleh pembelajaran khas SAsi seperti sholat dan mengaji (untuk mengenalkan siswa kepada yang maha kholik Allah SWT), Outbond (membentuk karakter kepemimpinan siswa dan keberanian dalam menghadapi tantangan), Greenlab (belajar lebih mencintai dan menghargai lingkungan), Market Day (belajar bagaimana cara wirausaha sejak dini), Information Communication and Technology (ICT) (belajar komunikasi dan teknologi), Library (diajarkan siswa untuk gemar membaca) dan beberapa kegiatan – kegiatan pendukung lainnya seperti Science Fair, Literacy Book, Camping, Outing, Apprenticeship, Expedition, Home Visit dan lain sebagainya. SAsi menerapkan pembelajaran 80% akhlak dan 20% akademik, dengan pembiasaan akhlak yang baik sehari – hari yang diterapkan di sekolah, mudah – mudahan dapat membentuk pembiasaan yang baik pula.

Logo Sekolah Alam Bekasi

            Logo SAsi dibuat pada tahun 2009 yaitu awal berdirinya SAsi yang dibuat oleh Ibu Hosyatul Aliyah yang saat itu menjabat sebagai Kepala Sekolah SAsi.

Logo Sekolah Alam Bekasi

Logo SAsi memiliki arti yakni :

Daun : Menandakan sekolah yang fokus dengan pendidikan hijau, dengan konsep pendidikan yang green (ramah anak dan lingkungan).

Pensil dengan ujung ke atas : Menandakan belajar terus sepanjang hayat, dengan semakin tajam pada potensi dan kekuatan setiap individu.

Garis bawah yang menanjak : Menandakan pertumbuhan yang terus meningkat.

SAsi : Singkatan dari Sekolah Alam Bekasi.

Warna hijau : Harmoni dengan alam.