Perjalanan : Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia.

 

Kawasan taman nasiona ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau Panaitan.

Kawasan taman nasional ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.

Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas.

Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 65 badak hidup di habitat ini.

Pada kunjungan kami dalama ekspedisi tnuk 2017 atau tnuk edisi ke #4 ini kita melakukan serangkaian aktivitas seru dan menantang

Beberapa aktifitas kami

  1. Eksplorasi kampung nelayan

Kita belajar jenis2 ikan yang di jual di sana . Kita juga melakukan wawancara dan tawar menawar membeli ikan dengan pedagang langsung disana. Kami juga melihat bagaimana ikan yg di bawa nelayan dilaut langsung dijual.

  1. Kegiatan donasi ke taman baca tukik di taman jaya.

Pada kesempatan ini kita menyalurkan donasi yang sebelumnya kami kumpulkan di sekolah, selain itu kita bermain roket air bersama teman2 taman baca tukik sekaligus menyumbangkan roket air tersebut sebagai kenang kenangan.

  1. Ekplorasi pulau handeuleum

Dipulau handeuleum tempat kami menginap hari pertama, yg kami lakukan adalah mengekspolari pulau handeuleum mulai dari flora dan faunanya. Ada banyak tanaman kelapa, pohon kiara, lalu ada monyet ekor panjang, ada rusa, kelomang dan lainnya.

4. Kreasi dari benda2 di sekitar handeulem

Lelah keliling pulau handeleum kita di tantang untuk membuat kreasi dari benda2 yg ada di sekitar pulau handeulem. Hasilnya ada yang menciptkan mainan perahu, frame foto, miniatur pulau, dll seru loh.

  1. Tanam mangrove dan mancing plus bakar ikan

Habis berkreasi kita nanam mangrove di perairan dangkal pulau handeuleum lalu dapat bonus mancing ikan dan bakar ikan . Seru banget teman.

  1. Ekplorasi sungai cigenter

Kami mengekplorasi sungai cigenter menggunakan kano, disini kita bs lihat hijauny warna sungai dan lebatnya tanaman nipah yang berada di sekitar sungai ini. Kami mengamati banyak hal mulai dari tempat minumnya dan mandi badak, lalu ada jejak kaki badak yang tertinggal. Serunya di sini kami bs mengemudikan kano yg kami tumpangi.

  1. Padang gembala cigenter

Selain keindahan sungai cigenter, kami pun menengok keindahan padang gembala cigenter, melalui menara pandang yang tersedia disana kami mengamati hewan yang terlihat seperti merak, rusa dan burung.

  1. Padang gembala cidaon

Padang gembala cidaon berada 15 menit perjalanan dari pulau peucang. Disini kita bisa melihat fauna yg lebih lengkap ada gerombolan banteng, gerombolan merak, burung elang jawa. Kalau mau lihat di padang gembalaan disini bisa ambil waktu mulai pukul 16.00 atau kalau pagi pukul 08.00, karena ditempat ini bisa disebut sebagai ruang makannya para hewan penghuni ujung kulon.

  1. Tracking ke tanjung layar dan mercusuar

Total tracking perjalanan kami kurang lebih 4 jam, dengan medan berupa tanah berpasir, berair, lumpur, medan naik dan turun, hutan dan pantai.

Capek dan lelah terobati dengan pemandangan yang memukau

  1. Penyebrangan basah dan Snorkling di pulau peucang

Selesai tracking kami harus melakukan penyebrangan basah, yaitu dari bibir pantai menuju kapal, kemudian sebagai bonus dari usaha kami hadiahnya snorkling sepuasnya di pulau peucang.

  1. Nonton film tnuk

Kami juga nonton film tentang badak, walaupun selama perjalanan traking kami menemukan jejak badak dan tempat berkubangnya, dalam film ini kami melihat kehidupan badak secara real, karena film yg di ambil berasal dari kamera tersembunyi yang di pasang di hutan.

  1. Eksplorasi pulau peucang dan pohon kiara

Sebelum pulang kembali kerumah kami eksplorasi pulau peucang dan mengunjungi pohon kiara terbesar di pulau peucang.

Pohon kiara ini luasnya itu bs lebih dari 70 orang yg melingkari pohon kiara tersebut…. wow besar banget ya

Oya fauna di pulau peucang itu ada monyet ekor panjang, babi hutan dan juga rusa.  Hati2 dengan monyet disini teman, karena mereka agresif dan bisa mengambil barang kita terutama makanan.

Semua itu adalah pengalaman yang tidak terlupakan, kami bersyukur telah diberi kesempatan mengunjungi tnuk ini, mungkin anak anak lain yang seumuran kami belum tentu punya kesempatan yang sama.

Kami berterima kasih kepada ayah dan bunda yang percaya pada kami, para fasilitator dan juga panitia tnuk.

Ayooo ke TNUK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *