Enter your keyword

post

POHON NANGKA

POHON NANGKA

Pohon nangka yang bernama ilmiah artocarpus heterophyllus merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia Selatan, tepatnya di India. Kemudian, penyebarannya meluas ke wilayah tropis Asia Tenggara terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Meski nangka dapat ditanam di tanah jenis apapun, tetapi alangkah lebih baik bila menanamnya di tanah liat berpasir, banyak humus, serta memiliki sistem pengairan yang baik.  Di samping itu, kelangsungan hidup nangka akan terjamin di wilayah yang mempunyai rata-rata kelembapan udara  50%-80%, suhu maksimal 16-21 derajat celcius, dan curah hujan yang berkisar antara 1.500-2.500 mm/tahun.

 

manfaat tanaman ini

  • Daun: pohon nangka dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar). Daun nangka juga digunakan sebagai makanan ternak terutama kambing.
  • Buah: Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran yang mengandung albuminoid dan karbohidrat. Daging buah yang sudah masak mengandung nutrisi seperti magnesium, kalium, fosfor dan kalsium. Tidak cuma itu, buah nangka juga tergolong kaya serat, vitamin A, B dan C. Bagi orang yang sering memakannya, buah ini berguna meningkatkan imun serta melancarkan pencernaan. Dalam sejumlah riset, diketahui pula bahwa buah nangka punya sifat antihipertensi hingga antikanker.
  • Biji: Biji nangka dapat digunakan sebagai obat batuk dan tonik. Biji nangka dapat diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).
  • Kayu: Kandungan kimia dalam kayu adalah morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, dan tannin. Selain itu, dikulit kayunya juga terdapat senyawa flavonoid yang baru, yakni morusin, artonin E, sikloartobilosanton, dan artonol B. Bioaktivitasnya terbukti secara empirik sebagai antikanker, antivirus, antiinflamasi, diuretil, dan antihipertensi. Serat kulit batangnya dimanfaatkan sebagai pembuat tali, sedang getahnya berfungsi sebagai penambal perahu. Dalam dunia konstruksi, kayu pohon nangka dikenal cocok sebagai material pembuat teras, perabotan rumah tangga dan alat musik. Karakteristiknya cukup kuat, awet, mudah dibentuk, serta tahan terhadap rayap dan jamur.

ciri – ciri tanaman ini

  • Akar

Pohon Nangka berakar tunggang dan memiliki percabangan yang sangat banyak. Perakaran Nangka menembus tanah hingga kedalaman 10-15 meter. Tidak berbanir.

  • Batang

Batang bulat silindris, berdiameter hingga sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

  • Daun

Daun nangka tergolong sebagai daun tunggal dan memiliki tangkai berukuran 1-4 cm. Helai daun tersebut agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, berbentuk bulat telur atau jorong. Bila kita hitung, ukuran rata-rata daun dapat mencapai 3,5–12 x 5–25 cm. Bagian ujungnya terlihat runcing atau sedikit runcing, dengan daun penumpu berbentuk bulat telur lonjong. Permukaan atas daun berwarna hijau muda yang mengkilap, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau tua dan bertekstur kasar.

  • Bunga dan Buah

Bunga nangka terdiri atas bunga jantan dan betina yang karakteristiknya berbeda.  Bunga jantan memiliki benang sari, berbentuk gada, bengkok, dan berwarna hijau tua. Sedangkan untuk bunga betina terdapat putik tunggal, pipih, dan berbentuk gada silindris yang terlihat hanya di bagian ujungnya. Bunganya tumbuh di ketiak cabang, batang, atau di bagian cabang yang besar.

Buah majemuk berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 70 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. ‘Daging buah’, yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2–4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.

jenis – jenis tanaman ini

  • Nangka Madu

Nangka madu artinya salah satu tanaman butir nangka unggulan asal akibat pengembangan riset karya negeri Jiran. Bibit nangka ini didapat menggunakan mengumpulkan berbagai varietas unggulan serta menggabungkannya secara rekayasa genetik. Butir nangka madu populer akan cita rasanya yang anggun legit. Buah nangka madu ukuran relatif besar, daging buahnya tebal, berwarna rona kuning emas, dengan tekstur yang renyah. Biji buah nangka madu ini juga tergolong kecil. Keunggulan lainnya ialah sifatnya yang genja. Dengan menggunakan perawatan yang baik, pohon nangka madu bisa berbuah di umur 2-3 tahun. 

  • Nangka kecil

Nangka mini artinya satu tanaman buah nangka unggulan yang memiliki keunggulan postur tubuhnya yang terbilang pendek. Pohon butir nangka kecil hanya dapat tumbuh mencapai ketinggian 3-5 meter saja. Keunggulan lainnya ialah sifatnya yang genjah, pohon nangka kecil telah mulai berbuah hanya dalam 9-12 bulan, bisa berbuah lebat sekali. Per pohon bisa berbuah lebih 40 butir (meski sudah relatif dijarangkan supaya buah tidak kerdil), hingga-sampai pohonnya terlihat tidak bisa lagi menunda buahnya yang banyak. 

  • Nangka Cempedak

Nangka Cempedak ialah varietas unggulan asal tumbuhan butir nangka yang memiliki keunggulan dimana Bentuk buah, rasa serta keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk bertenaga seperti butir durian. 

  • Nangka Nangkadak

Butir Nangkadak ialah varietas unggulan dari tanaman butir nangka berasal akibat kultivar bibit unggul dari buah nangka serta buah cempedak. Buah nangkadak mempunyai keunggulan pada aromanya yg tidak terlalu tajam, tidak mirip cempedak, ditambah lagi daging buahnya yang lembut dengan rasa yang manis stabil. 

  • Nangka Sri Bajong

Nangka sri bajong artinya salah satu jenis tanaman butir nangka unggulan asal pengembangan riset negeri gajah putih,Thailand. Pohon Nangka sri bajong mempunyai keunggulan buahnya besar serta tebal sedang bijinya sangat mungil. Buahnya sangat renyah, dan cita rasanya sangat cantik.

  • Nangka Merah

Nangka Merah ialah keliru satu varietas unggulan asal tumbuhan buah nangka yang mempunyai keunggulan daging buahnya berwarna merah. Daging buahnyapun cukup cukup besar serta tebal. Nangka Merah merupakan nangka unggulan yang berasal dari Kalimantan Timur.

  • Nangka Celeng 

Nangka Celeng adalah varietas unggulan butir nangka yang memiliki keunggulan buahnya tumbuh pada pangkal batang mendekati tanah bahkan ada yang timbul asal tanah. Karena di atas tanah, babi hutan (celeng) seringkali memakannnya. Nangka celeng berasal dari Banyuwangi (Jawa Timur) serta Tegal (Jawa Tengah).

  • Nangka Dulang

Nangka Dulang adalah salah satu jenis butir nangka unggulan dengan daging buah berwarna kuning cerah, dengan buah yang besar dan tebal serta memiliki rasa yang sangat cantik dengan kandungan air sedikit sehingga terasa renyah.

  • Nangka Kunir

Nangka Kunir merupakan satu varietas unggulan dari tumbuhan buah nangka yang mempunyai bentuk buah yang bulat dengan duri yang tumpul serta sporadis. Kulit buah nangka kunir berwarna kuning kemerahan. Daging butir besar dengan rasa yang manis. Aromanya sangat semerbak dan sedikit mengandung air. Warnanya yang kuning cerah seperti kunyit menjadi dasar penamaan jenis nangka ini. Ukuran biji buah juga relatif kecil.

Some Toughts (2)

  1. added on 28 Apr, 2024
    Reply

    Well I sincerely enjoyed studying it. This tip offered by you is very helpful for accurate planning.

  2. Reply

    Oh my goodness! Incredible article dude! Thanks, However I am going through problems with your RSS.
    I don’t understanjd why I am unable to join it.
    Is there anybody having identical RSS issues? Anyone
    who knows the answer can you kindly respond? Thanx!! https://Www.Waste-NDC.Pro/community/profile/tressa79906983/

Leave a Reply

Your email address will not be published.