Melihatnya tumbuh lebih baik

Sekolah alam bekasi adalah tempat untuk belajar bagi siapa saja yang berinteraski di dalamnya, anak, guru dan orangtua menjadi satu kekuatan untuk sinergi dalam perbaikan akhlaq dan cinta terhadap lingkungan. Kekuatan kematangan kepribadian yang diharapkan tumbuh dalam setiap fase yang dilalui sang anak, tahapan pengenalan dan tahapan mendapat pengalaman dari setiap aktivitas yang dilaluinya, sang anak akan dapat merasakan apa yang ia jalani dari setiap aktivitasnya di sekolah.

Tumbuh kembang anak di usia sekolah merupakan fase di mana anak mulai mengenal lingkungan luar dan lebih luas, karena anak mulai berinteraksi dengan orang – orang yang baru di kenal,dan dalam lingkup besar.Oleh karena itu banyak yg dapat diperoleh anak tersebut baik dampak positif maupun negative. Disinilah peran keluarga terutama orang tua dan pendidik untuk dapat membantu anak membedakan mana yang boleh di lakukan dan tidak boleh di lakukan. Anak belum sanggup melakukan pilihan, ia akan memilih yang mudah dan yang ringan namun dampaknya tidak baik, tugas kita untuk mengiringi pilihan yang tepat. dapat dipahami bahwa pendidikan adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan secara sadar dan disengaja untuk memberikan bimbingan, baik jasmani maupun rohani, melalui penanaman nilai-nilai Islam, latihan moral, fisik serta menghasilkan perubahan ke arah positif yang nantinya dapat diaktualisasikan dalam kehidupan, dengan kebiasaan bertingkah laku, berpikir dan berbudi pekerti yang luhur menuju terbentuknya manusia yang berakhlak mulia.

Saat kemarin engkau melihat anakmu menangis karena takut kotor lalu esok harinya dalam waktu yang panjang muridmu mendekat sambil membawa bongkahan tanah yang ia hias dengan uniknya, sang guru bertanya pada murid tersebut sudah tidak takut kotor ?, “tidak, aku berani kotor dan setelah itu aku bersihkan tangan dan bajuku,  jawab sang murid. Proses sederhana namun penuh pembelajaran bahwa tidak ada yang sia – sia saat seorang guru mengajar dengan ikhlas dan optimisme bahwa apa yang kau tanam menjadi nilai yang tertanam pada anakmu walau nanti atau esok ia dapat melaksanakannya.

Pembelajaran di sekolah alam menggunakan tema dalam keseharian. siswa diharapkan mampu mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata dan sekaligus dapat mengaitkan hubungan antar pelajaran yang mereka terima dengan terintegrasi. Hal yang paling berkesan saat peranmu sebagai fasilitator dapat memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan sang anak berlama – lama mengamati setiap tahap yang kau berikan dengan antusias, mengambil hikmah dari setiap proses yang mereka pelajari, aktivitas hidupnya di sekolah begitu berwarna, aktivitas hidupnya di sekolah menjadi titik perbaikan untuk tumbuh menjadi lebih baik dengan akhlaq mulia

Oleh Asti Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *