Masuk TK dulu atau langsung SD aja ya?

Belakang muncul trend unik ni, ayah bunda cenderung menyekolahkan ananda langsung masuk ke SD, tanpa melewati jenjang TK.hmm.. ayah bunda gimana, jenjang Taman Kanak-kanak (TK) perlu ga sih untuk anak? .

Untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD) memang tidak diwajibkan anak harus lulus dari Taman Kanak-kanak (TK). Tapi, tahukah ayah bunda bahwa memasukan anak ke TK sebelum masuk SD dapat memaksimalkan proses pendidikan anak. .

Anak-anak masuk TK minimal di usia 4 & 5 tahun, masa dimana anak sedang berada di fase Golden Age (Masa Keemasan). Di usia 0-6 tahun otak anak berkembang sangat pesat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. .

Pada masa ini alam bawah sadar anak masih terbuka lebar, masa ini dapat dimanfaatkan untuk menanamkan dasar-dasar nilai kehidupan ke anak, seperti nilai Ketauhidan (ketuhanan), kebiasaan baik (akhlak) dan membangun kesadaran sosial. Kemampuan akademik seperti Calistung tidak wajib diberikan pada tahap ini karena di level ini adalah masa untuk menyiapkan anak belajar di level SD bukan mengejar kemampuan akademik semata.

Kemampuan anak untuk bisa bergaul, bisa berkomunikasi, bersosialisasi dan beradaptasi lebih diperlukan anak. Didukung dengan latihan motorik halus dan motorik kasar anak dapat mendukung perkembangan fisiknya. Ketika perkembangan spiritual, sosial dan fisiknya telah terpenuhi di TK anak akan lebih mudah menyesuaikan diri dan memecahkan masalah di level SD. .

So, ketika masuk SD ayah bunda sebenarnya bisa lebih tenang ya, karena kebutuhan dasar anak telah terpenuhi di level TK. Jadi, yuk ajak anak ayah dan bunda untuk bermain, berinteraksi dan bersosialisasi. Ajak main ke @tk.alambekasi juga boleh loh bun, disini alamnya masih asri dan banyak permainan seru. main untuk survei mah Gratis!

The Oasis For Growing Minds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *