Ketika Ayah Bunda Terlibat Aktif dalam Pendidikan Anak

Mendidik adalah adalah proses mematangkan budi pekerti pada setiap pribadi dan usaha memaksimalkan potensi setiap anak. Untuk itu mendidik tidak hanya dapat dilakukan oleh sekolah semata. Mendidik adalah tugas kita bersama yaitu Orang tua, sekolah dan lingkungan.

Sebagian kalangan menumpukan tanggung jawab pendidikan sepenuhnya kepada sekolah. Mereka sangat berharap sekolah dapat membentuk anak-anak mereka menjadi anak yang cerdas, berbudi pekerti baik dan berprestasi. Sehingga, mereka mudah kecewa saat mendapati anaknya di rumah tidak menunjukan apa yang mereka harapkan.

Harapan mereka kepada sekolah tersebut sangatlah wajar, namun perlu diketahui kembali bahwa setiap anak dipengaruhi oleh tiga lingkungan yaitu Lingkungan keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Sekitar, Ki Hajar Dewantara menyebutnya sebagai Trilogi Pendidikan.

Hal yang sering kali terlupakan justru sejauh mana keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak di Sekolah dan pergaulan anak di lingkungan.

Penelitian Harvard Family Research Project (HFRP) menunjukan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak erat kaitannya dengan hasil prestasi anak dan kedewasaan mental anak.

Riset di CSU Bakerfield menjelaskan kemungkinan besar anak akan lebih termotivasi mendapat nilai yang tinggi dan berperilaku baik jika orang tuanya secara aktif berperan serta mendukung anak di sekolah.

Vanderbilt University juga menyebutkan keterlibatan orang tua bukan hanya proses statis (hanya hasilnya saja), tapi sepanjang waktu dan sangat dinamis (mengikuti prosesnya).

Ayah dan Bunda dapat berperan aktif di Sekolah dengan melakukan hal berikut:
1. Mengikuti forum orang tua di sekolah
2. Mendukung anak saat ada kunjungan ke lapangan atau ekstrakulikuler
3. Memastikan anak punya tempat yang kondusif untuk belajat dan mengerjakan Home Challenge
4. Membantu anak menyelesaikan Home Challenge
5. Berkomunikasi dengan guru secara proaktif
6. Berbincang santai dengan anak tentang kegiatan sehari-hari di sekolah
7. Memastikan anak melakukan kebiasaan baik di sekolah untuk diterapkan di rumah. (Axa.Inspirasi)

Sinergi pendidikan yang apik antara tiga lingkungan yaitu Orang tua, sekolah dan lingkungan bukan tidak mungkin akan membentuk anak-anak yang cerdas, antusias, matang dan mandiri.

Mari, ayah bunda bersama sekolah dan lingkungan sekitar, kita siapkan para calon Khalifatul Fiil Ard (Pemimpin di bumi) yang arif dan bijaksana di masa depan.

Oleh : Abie Aisyah

Refrensi :
https://googleweblight.com/i?u=https://axa.co.id/inspirasi/pentingnya-keterlibatan-orang-tua-dalam-pendidikan-anak-2/&hl=id-ID

https://steemit.com/education/@abduhawab/education-trilogy-trilogi-pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *