CARA MENGURANGI KETERGANTUNGAN ANAK TERHADAP GADGET

“Anak-anak belajar dengan bermain, pastikan anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan belajar secara langsung bukan dari layar” menurut Catherina Steiner Adair ( penulis buku protecing childhood and fakultas relationship in the digital era)

Ayah bunda, pernahkah ananda menangis meronta-ronta meminta gadget?

Atau beberapa kali ayah dan bunda memberikan gadget untuk menenangkan ananda?

Penggunaan gadget bagi anak seperti pisau bermata dua. Gadget dapat mendukung proses belajar anak, seperti doa-doa, warna, lagu-lagu, namun di sisi lain banyak kasus anak yang ketergantungan dengan gadget.

Penggunaan gadget pada anak secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa anak. Sedangkan di masa pertumbuhannya anak-anak butuh ruang untuk bergerak aktif, menjelajah lingkungan dan berinteraksi dengan teman.

Namun, ketika anak ketergantungan dengan gadget, anak akan cenderung banyak menghabiskan waktu di depan layar, tidak memperhatikan jarak pandang, postur tubuh dan pencahayaan layar.

Ada beberapa tips untuk mengurangi ketergantungan gadget pada anak;

1. Buat kesepakatan dengan anak tentang batasan waktu bermain

“Bunda kasih waktu bermain 30 menit ya, sampai jarum panjangnya di angka 6 (misalnya), sepakat?”. Membuat kesepakatan menjadi cara yang dirasa lebih adil bagi anak. Karena jika kita langsung melarang, anak biasanya akan curi-curi kesempatan untuk mengambil gadget.

2. Luangkan waktu bermain dengan anak

Meluangkan waktu untuk bermain atau ngobrol dengan anak bisa menjadi salah satu cara untuk mengalihkan perhatian anak pada gadget. Biasanya anak terfikir untuk bermain gadget ketika merasa bosan, kesepian dan kurang perhatian orang tuanya.

3. Berikan mainan alternatif

Alihkan perhatian anak dengan permainan seperti bola, mobil-mobilan, membuat permainan dari kardus atau mewarnai.

4. Ajak anak bermain di Alam

Mengajak anak untuk menghirup udara segar di luar rumah atau mengenal anak dengan media alam bisa menjadi cara untuk membuat anak asik bermain dan belajar tanpa gadget.

5. Izinkan anak untuk bermain dengan
teman sebaya yang baik

Teman bermain anak juga akan mempengaruhi perkembangan anak. Izinkan anak untuk bermain dengan teman sebaya yang lebih banyak memberikan pengaruh baik pada anak dan hindarkan dari pengaruh teman yang kurang baik. Karena dengan perkembangan teknologi beberapa anak lainnya menggunakan gadget secara bebas tanpa kontrol orang tuanya.

Oleh ; Abie Aisyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *