7 Ways to be Better Parent

Setiap Ayah Bunda pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Walaupun dalam prosesnya ada satu dua hal yang tidak sengaja memberikan dampak negatif bagi anak. Namun, dari kesalahan disitulah ayah bunda belajar dan ingin memberikan hal yang lebih baik bagi anak.

Nah, Berikut 7 cara untuk menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak:

1. Menjadi Pendengar yang Baik;
Anak selalu ingin mengekspresikan apa yang mereka alami dan yang mereka rasakan. Saat ayah dan bunda dapat menjadi pendengar yang antusias, anak akan merasa dihargai dan lebih percaya diri.

2. Quality Time bersama Anak;
Saat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari menguras waktu, sediakan sedikit waktu bagi anak. QT tidak harus liburan ke tempat yang jauh, cukup dengan mendengarkan & memperhatikan perkembangan anak.

3. Tunjukan Rasa Cinta;
Setiap anak memiliki sisi perasaan untuk disayangi & dicintai. Memberikan pelukan sebelum ke sekolah, memberikan sentuhan lembut pada anak dan mengucapkan rasa sayang pada menjadi cara untuk menunjukan rasa cinta.

4. Menjadi Teladan bagi Anak;
Secara fitrah anak akan mudah menirukan perilaku orang dewasa terutama orang tuanya. Maka, cara terbaik untuk mendidik anak adalah dengan memberikan teladan terbaik saat bersama anak.

5. Berikan Apresiasi pada Anak;
Mengapresiasi anak atas setiap usaha dan pencapaian anak, akan membuat anak berenergi positif dan optimis. Pun saat anak mengalami kegagalan, ayah bunda dapat memberikan apresiasi dan sugesti positif bagi anak.

6. Konsisten
Ayah dan Bunda dapat membuat beberapa kesepakatan dengan anak. Misal kesepakatan soal gadget dan jam bermain. Konsisten menjadi hal yang perlu perhatikan saat membuat kesepakatan dengan anak.

7. Kompak dengan Pasangan;
Kekompakan ayah bunda sangat berpengaruh pada proses belajar dan bertumbuh anak. Pilihan-pilihan untuk anak dapat disepakati agar ayah bunda dapat sejalan dalam proses pendidikan anak.

The Oasis For Growing Minds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *