5 Tips Pembelajaran Jarak Jauh Tetap Seru

oleh Pak Fikri (Fasilitator SD 5 SAsi)

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi hal baru yang dilakukan fasilitator dan anak-anak SAsi sebagai adaptasi di masa pandemi. Masa Adaptasi ini tentu tidak mudah, mungkin ada yang bosan, bingung atau mager?. Nah, di bawah ini ada 5 tips tentang bagaimana membuat PJJ tetep seru ala pak Fikri;

1. Menanyakan apa kesukaan Anak-anak

Menanyakan hal-hal yang anak-anak sukai terlihat simpel, tapi ngena banget. Jangan kan anak-anak, terkadang orang dewasa saja, ketika ketemu dengan orang yang sefaham atau memiliki kesukaan yang sama, rasanya lebih seru. Jadi saat PJJ biasanya Pak Fikri mengintegritaskan materi dengan apa yang anak-anak sukai.

2. Bermain Kuis

Di masa pandemi ini banyak bermunculan platform-platform yang menunjang proses PJJ, salah satunya adalah quizziz. Platform ini sering digunakan pak Fikri untuk pakai menjelaskan materi ke anak-anak di kelasnya. Enaknya pakai quiziz tampilannya lebih kekinian dan bisa memberikan tantangan kepada anak-anak.

3. Eksplorasi Pemahaman Anak

Mengekslorasi pemahaman anak menjadi hal yang dilakukan pak Fikri agar PJJ tetap seru, yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada anak dan mengajak mereka berdiskusi tentang tema pembelajaran yang akan diulas. Pembelajaran dua arah seperti ini akan lebih hidup karena anak diajak untuk berpartisipasi.

4. Melek Media

Menjadi seorang guru/fasilitator harus menjadi seorang pembelajar sejati, karena ilmu dan teknologi cepat sekali berkembang. Jadi sebagai fasilitator jangan pernah bosen untuk terus menggali informasi di media, terutama yang berhubungan dengan pendidikan.

5. Ikuti komunitas.
Berkumpul dengan orang-orang sevisi seperti komunitas menjadi hal yang penting, karena di lingkungan ini, kita bisa lebih terbuka, bisa saling bertukar informasi dan menguatkan semangat untuk membuat pendidik Indonesia lebih baik.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi hal tantangan baru yang harus kita siasati dengan kreatifitas tanpa henti, diskusi dan kolaborasi menjadi kunci agar proses belajar bersama anak tetap seru dan berarti.

The Oasis For Growing Minds

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *