4 Tips Memilih Hewan Qurban

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha, sudah mulai banyak lapak penjualan hewan Qurban mulai bertebaran di sudut-sudut kota dan dipinggir – pinggir kampung. Walau begitu, tidak ada salahnya Anda mulai mencari tahu kriteria hewan yang layak untuk menjadi tanda wujud cinta kasih kepada Allah SWT. Pada dasarnya, hewan yang layak dikonsumsi dagingnya dapat dilihat dari sifat fisik hewan kurban itu sendiri.

Memang tak bisa sembarangan dalam memberikan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha kali ini. Hewan kurban terbaik yang Anda berikan tentu juga menjadi amalan terbaik. Bayangkan saja andai ini menjadi kurban terakhir, tentu kita telah memberikan yang terbaik untuk amalan terbaik. Nah, seperti apa tips memilih hewan qurban? berikut tips memilih hewan ternak untuk qurban.

1. Hewan Qurban sudah cukup umur yaitu 12-18 bulan untuk domba atau kambing, sapi 22-24 bulan dan unta lima tahun.

2. Hewan Qurban tidak cacat, pastikan hewan tidak cacat. Jika hewan pincang, mata buta sebelah atau telinga tidak lengkap maka hewan tidak Sah untuk diQurbankan.

3. Dalam Kondisi Sehat, pastian hewan Qurban sehat, tidak demam, tidak flu, atau diare.

4. Hewan sudah mengalami pergantia gigi. Pastikan hewan sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah. Tandanya gigi tetap sudah tebal dan rata.

Mari, ayah bunda jadikan setiap aktivitas kita dan anak menjadi pembelajaran yang berkesan bagi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *