10 Keuntungan Jika Anak Masuk Taman Kanak-Kanak (TK)

 

Bagi Ayah dan Bunda yang memiliki anak prasekolah tentu tidak asing mendengar kalimat bahwa anak-anak pada usia 4-5 tahun sedang mencapai puncak masa keemasan otak, karena pada masa ini perkembangan otak mereka dapat meningkat sedang pesat.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK) menjadi salah satu pilihan bagi Ayah Bunda untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Lalu, apa saja keuntungan yang didapatkan anak ketika pengikuti pengalaman belajar di Taman Kanak-kanak. Yuk, simak ulasan berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan sosial dan emosi anak

Ketika anak menempuh pendidikan di PAUD/TK, mereka akan menemukan lingkungan baru, berinteraksi dengan teman baru dan guru-guru barunya. Disinilah keterampilan sosial dan emosi anak akan meningkat.

  1. Mengembangkan pembentukan struktur otak

Pada usia 4-5 tahun perkembangan otak anak anak mencapai 90% dari ukuran otak saat dewasa nanti. Sehingga, tahun-tahun awal adalah masa kritis bagi anak. Pengalaman-pengalaman mereka di masa itu akan memberikan efek untuk masa depannya.

  1. Meningkatkan keterampilan motorik

Pengalam belajar di PAUD/TK akan menstimulus perkembangan motorik harus anak seperti menggenggam pensil, memasang kancing, menulis dan mewarnai. Berbagai kegiatan di luar kelas seperti senam pagi, bermain permainan tradisional dan berlari dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

  1. Mengembangkan kreativitas

Aktivitas bermain, menari, menggambar bersama teman sebaya akan mengembangkan kreativitas anak.

  1. Meningkatkan kemampuan berbicara dan berbahasa

Ketika berinteraksi dengan guru dan teman-temannya, anak-anak dituntun untuk berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan. Aktivitas guru mendongeng dan menjelaskan sesuatu akan menambah kosa kata yang mereka.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Pengalaman belajar di PAUD/TK dengan ragam kegiatannya seperti bernyanyi di depan teman-temannya, menari di acara sekolah akan menumbuhkan rasa percaya diri anak.

  1. Memahami nilai – nilai akhlak dan adab

Tata cara makan yang baik dan bagaimana adab dengan orang tua adalah beberapa nilai yang sering disampaikan guru di PAUD/TK. Beberapa kegiatan seperti tertib saat berwudhu, sholat dan tenang saat berdoa dibiasakan sejak dini.

  1. Meningkatkan aktivitas fisik

Mengikuti kegiatan di PAUD/TK anak akan merasakan pengalaman baru yang meningkatkan aktivitas fisik seperti bermain permainan tradisional, menari, senam dan kegiatan lainnya.

  1. Memenuhi kebutuhan imanajinasi anak

Banyak kegiatan di kelas yang dapat memenuhi kebutuhan imajinasi anak, seperti mengenal berbagai profesi, bercerita tentang perjuangan pahlawan dan gambar bercerita.

  1. Lebih siap untuk masuk jenjang pendidikan berikutnya

Melalui pengalaman belajar anak di PAUD/TK, banyak orang tua yang merasa terbantu ketika memasukan anaknya ke jenjang Sekolah Dasar (SD) karena anak lebih mandiri, motorik halus dan kasarnya sudah terlatih dan keterampilan sosial emosinya lebih siap.

Selain 10 keuntungan di atas, tentu masih banyak keuntungan lain yang diperoleh anak ketika mengikuti pengalaman belajar di PAUD/TK. Jadi, di masa pandemi ini apakah Ayah dan Bunda akan menyiakan keuntungan-keuntungan di atas? Jika, tidak mari beri kesempatan anak untuk merasakan pengalam belajar bersama teman sebaya di Taman Kanak-kanak (TK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *